Giliyang Pulau Oksigen Terbaik Dunia

Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dikenal dengan banyaknya pulau yang dimilikinya, total ada 125 pulau di Sumenep dari yang berpenghuni dan tak berpenghuni. Siapa sangka diantara pulau tersebut terdapat satu pulau dengan kadar oksigen terbaik ke 2 didunia setelah Yordania.

Pulau Giliyang namanya, pulau yang secara administratif berada wilayah Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Secara geografis berada pada koordinat 060 59’ 9” LS dan 1140 10’ 29” BT dengan luas 921.2 Ha.

Pulau Giliyang dahulu dikenal dengan 2 nama yang berbeda yaitu Gila Iyang dan Gili Elang. Menurut penuturan penduduk setempat terdapat 2 sejarah yang berbeda mengenai asal muasal nama pulau tersebut.



Yang Kedua, asal nama pulau ini adalah Gili Elang atau Pulo elang yang memiliki arti pulau yang hilang dalam bahasa Madura, karena pada zaman penjajahan belanda dahulu pulau ini merupakan pulau yang tidak ditemukan atau hilang, sementara pulau-pulau disekitarnya telah ditemukan terlebih dahulu. Dari hasil verifikasi Tim Pembakuan Nama Rupabumi Tahun 2006 kemudian nama pulau ini dibakukan menjadi Giliyang yang telah dikenal oleh masyarakat di Sumenep.

Pulau inilah yang diklaim mempunya kadar oksigen terbaik didunia, hal itu berdasarkan hasil penelitian tim Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim LAPAN akhir Juli 2006 lalu, yang kemudian dilakukan kaji ulang pada 27 Desember 2011 lalu oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) Sumenep dan Jawatimur serta pihak Bappeda menunjukkan bahwa Pulau Giliyang satu-satunya pulau yang mempunyai oksigen terbaik di dunia sehingga sangat tepat bila kawasan itu dijadikan wisata kesehatan

Sebagai gambaran, dari hasil penelitian Pulau Giliyang memiliki konsentrasi oksigen sebesar 20,9% dengan level explosif limit (LEL) 0,5%. Nilai kandungan tersebut berbeda dengan wilayah lain yang mempunyai nilai konsentrasi oksigen 20,9% dan LEL 0,0%. Ketika dikaji ulang, hasilnya pun sama yakni oksigen di pulau tersebut antara 3,3 hingga 4,8 persen atau di atas normal.

Artinya, pulau ini sangat cocok bagi anda yang hendak berwisata namun tetap sehat, karena di pulau ini anda akan menghirup udara dengan kadar polusi sangat rendah, yang dipastikan lebih sehat untuk anda.
gili yang
Yang pertama adalah Gila Iyang yang artinya gila dari nenek moyang, dahulu pulau ini merupakan pulau yang dijadikan sebagai tempat pembuangan orang gila, pulau ini saat pertama ditemukan merupakan pulau yang ditempati oleh orang gila.

sumber : http://www.humaspemkabsumenep.org/2015/03/giliyang-pulau-oksigen-terbaik-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar